Tahukah kamu bahwa hama dan penyakit merupakan musuh serta ancaman yang paling menakutkan bagi para petani ? Bagaimana tidak , ketika tanaman padi sudah terserang penyakit atau ada salah satu hama yang menempel dan selalu menggerogotinya maka dapat dipastikan bahwa tanaman padi tersebut akan mati dan kemungkinan terburuk bagi petani ialah terjadinya gagal panen .

Jenis hama dan penyakit pada padi juga bervariasi mulai dari masa tanam sampai masa panen selalu berubah ubah pada umumnya hama yang menyerang padi saat masa tanam ialah keong mas , tahukan keong mas ? Iya keong yang berwarna keemasan itu lhooo .
Setelah padi sudah mulai muncul diantara batang pohon hama yang menyerangnya pun juga berubah lagi yaitu wereng , kepik , burung , walang sangit , kepik dan masih banyak lagi .

Oke tanpa banyak basa basi mari kita masuk pada pembahasan utama yaitu :

Hama padi : jenis dan cara membasminya

Yang menarik disini ialah fakta bahwa hama padi selalu muncul disetiap masa pertumbuhan padi yaitu pada saat masa tanam maupun masa panen yaitu saat padi telah siap mereka gerogoti , alhasil banyak diantara para petani merasa kebingungan ketika ada serangan hama padi dan kebanyakan diantara mereka lebih memilih menggunakan semprotan pestisida ataupun pembasmi hama lain yang banyak dijual dipasaran .
  • Jenis hama padi

Pertama yang akan saya bahas disini ialah mengenai jenis jenis hama pada tanaman padi , ada banyak sekali hama yang dapat menyerang tanaman pertanian padi kapanpun dan walaupun anda sudah membuat penanganan berupa pencegahan ataupun mencoba membasminya , hama tersebut suatu saat pasti akan datang lagi .

Karena itulah jika ada yang mengatakan bahwa produk pestisida mereka dapat membasmi hama padi secara permanen itu dapat dipastikan bahwa mereka tidak jujur karena jumlah hama seperti wereng , tikus , walang sangit sangatlah banyak dan tidak bisa diprediksi mengenai kepastian jumlah populasinya .

Oke .

1. Tikus

Tahu tikus kan ? Hewan pengerat satu ini selain suka memasuki kolong serta loteng rumah juga dapat menjadi ancaman terbesar bagi para petani khususnya pada tanaman padi . Pada umumnya tikus mulai melakukan aksi penggerogotan pada malam hari dan pada siang hari para tikus biasanya lebih memilih untuk bersembunyi dan tidur didalam rumah mereka .

Kemungkinan terburuk yang dapat diakibatkan oleh tikus ini ilah gagal panen , tidak mau kan mengalami gagal panen hanya dikarenakan oleh ulah si jerry temannya tom ini . Untuk penanganan mengenai car mengusir tikus saya sudah menyiapkan artikel tersendiri yaitu:

Cara mengusir tikus paling ampuh

Disana tersedia pembahasan lengkap mengenai cara penanganan tikus di sawah maupun dirumah yang dapat anda terapkan guna mengusir tikus yang berkeliaran .

Tanda tanda / gejala mengenai penyerangan hama tikus ini ialah adanya beberapa batang pohon padi yang roboh dan terdapat tanda gigitan hewan pengerat pada batang.

Cara ternak bebek untuk pemula

2.  Wereng

Selanjutnya ialah wereng , walaupun memiliki postur tubuh kecil akan tetapi kerusakan yang disebabkan oleh wereng ini cukup besar . Sebenarnya ada banyak jenis hama wereng yaitu wereng cokelat , wereng hijau dan wereng putih namun yang kerap menyerang tanaman padi ialah wereng cokelat .

Hama wereng ini menyerang dengan cara menyerap sari sari batang pohon padi hingga menyebabkan tanaman padi menjadi kering seperti terbakar atau kemungkinan lainnya ialah tanaman padi menjadi kerdil karena sari / cairan batang pohonnya telah diserap oleh hama wereng ini .

Penanganan yang dapat anda lakukan ketika tanaman padi telah diserang oleh hama wereng yaitu dengan cara membakarnya dengan harapan para wereng tidak lagi menyerang tanaman pertanian di tahun berikutnya . Atau anda juga bisa memilih untuk menggunakan insektisida guna membasmi hama ini ketika baru terjadi gejala / hanya sedikit yang terserang oleh hama wereng .

3. Walang Sangit

Selain mengeluarkan bau sangat menyengat ketika ada yang mengusiknya ternyata walang sangit juga dapat menjadi ancaman bagi para petani , Hama walang sangit ini biasanya menyerang pada saat padi telah memasuki fase matang susu .

Bagi yang belum tahu apa itu fase matang susu akan saya jelaskan sedikit , fase masak susu ialah tahap dimana tanaman padi telah mulai terisi gabah (beras) akan tetapi masih berupa cairan putih seperti susu belum mengeras seperti beras pada umumnya .

Saya sendiri sewaktu kecil dan diajak orang tua kesawah suka dengan padi yang masih berada pada tahap matlsak susu karena tekstur dan rasanya yang cukup enak walaupun belum dimasak, mirip seperti santan .

Ingat ..! yang saya sukai disini ialah berasnya bukan walang sangitnya . Haha

Gejala yang ditimbulkan apabila tanaman padi telah terserang oleh hama walang sangit yaitu antara lain : buah biji padi menjadi berwarna cokelat , terdapat bercak hasil dari hisapan si walang sangit di daun tanaman , dan tentu saja buah biji padi menjadi terasa tidak enak apabila dimakan .

Cara menangani ketika tanaman padi sudah terserang oleh hama walang sangit ini yaitu dengan cara mencari telur telur walang sangit lalu membakarnya , pemberian insektisida , melakukan tanam serempak , dan membunuhnya menggunakan musuh alami seperti jangkrik .

4. Burung

Musuh para petani dalam melundungi padi selanjutnya ialah para burung pemakan biji bijian , beberapa jenis burung yang selalu menghinggapi padi untuk dimakan yaitubantara lain burung manyar , gelatik , pipit , bondol putih , bondol hitam dan lain lain .

Para burung ini biasanya akan menyerang ketika sudah akan memasuki masa panen atau setidaknya ketika pada tanaman padi sudah terisi oleh biji / beras .

Yang membuat para petani merasa jengkel selain karena menjadi hama dengan memakan calon beras ialah para burung ini biasanya akan memarahkan batang pohon padi karena tidak kuat menahan beban si burung .

Penanganan yang bisa dilakukan ketika ada banyak burung di sekitar sawah ialah dengan cara membuat patung orang orangan menggunakan jerami , menggunakan bunyi bunyian seperti tali yang digantungi kaleng .

Namun selain menjadi hama bagi petani , burung juga mempunyai manfaat yaitu ketika anda berhasil menangkapnya maka burung tersebut bisa saja anda jadikan lauk / dimasak yang tentu memiliki rasa daging yang aduhai .

5. Kepik Hijau

Kepik , mungkin nama ini terdengar asing bagi kalian yang tinggal di daerah perkotaan akan tetapi bagi yang memiliki sawah atau tinggal di pedesaan nama hewan kepik tentu sudah tidak asing lagi ditelinga .

Hama kepik ini biasanya akan menyerang dengan cara menghisap bulir padi sehingga menyebabkan bulir / calon biji menjadi kosong tak tersisa . Cara mengatasi / membasmi apabila pada tanaman padi sudah terserang oleh hama kepik ialah sebagai berikut :

》 melakukan tanam serempak .
》 menjaga kebersihan lahan pertanian dengan cara membasmi gulma dan rerumputan liar yang berada di area persawahan .
》 membasmi kepik menggunakan pestisida .
》 mencari hama kepik lalu membunuhnya .

Tahapan budidaya ikan lele lengkap dari bibit sampai panen

6. Penggerek Batang Padi

Penggerek batang atau biasa disebut sundep ini terdiri dari beberapa jenis yaitu antara lain : penggerek batang padi kuning , putih , merah jambu dan bergaris . Hama penggerek batang ini biasanya akan menyerang ketika padi memaauki masa vegetatif .

Masa vegetatif ialah vase awal dimana tanaman mulai mengalami pertumbuhan , dan biasanya vase vegetatif ini berlangsung selama 55 sampai 60 hari atau 2 bulan .

Hama satu ini menyerang tanaman padi yang masih kecil pada batang dan pelepah daun hingga tanaman mati yang tentu saja berakibatpada menurunnya hasil produksi petani .

Adapun ciri ciri apabila tanaman padi sudah dihinggapi hama penggerek ialah sebagai berikut :

》 pucuk tanaman padi menjadi layu .
》 kering dengan warna kemerahan.
》 mudah dicabut .

Untuk membasmi hama penggerek ini bisa dilakukan dengan cara memakai insektisida , menggenangi sawah dengan air setelah panen sekitar 2 minggu agar bibit penggerek mati .

Langkah tepat untuk memulai usaha agar sukses

7. Ulat

Selain terlihat menjijikkan bagi sebagin orang ulat juga dikenal sebagai hama yang sangat mengancam para petani karena jika ulat ini datang secara berbondong bondong di lahan pertanian kemungkinan terburuknya ialh mereka dapat menghabiskan semua dedaunan pohon padi dalam waktu semalaman sehingga dapat menyebabkan terjadinya gagal panen , oleh karena itu terkadang hama ulat ini sering disebut ulat tentara .

Para ulat ini akan memakan dedaunan mulai dari pucuk hingga pangkal daun semua akan dimakan habis , hanya tulang daun saja yang mereka tinggal dan bahkan mereka juga dapat mematahkan tangkainya juga .

Fakta menjengkelkan lain tentang hama ulat yaitu mereka bukan hanya menyerang padi sahaja akan tetapi hampir semua jenis tanaman yang memiliki daun akan mereka habiskan demi memenuhi hasrat makan yang tinggi , hal ini mungkin memang wajar dikarenakan sebelum memasuki fase kepompong ulat memerlukan makanan yang sangat banyak .

Fase kepompong ialah masa dimana ulat akan mengalami metamorfosis ke kehidupan baru , pada masa ini ulat akan membuat sebuah tempat perlindungan untuk bersembunyi dari musuh yang terbuat dari air liur ulat , walaupun hanya terbuat dari air liur saja akan tetapi kekuatan kepompong ini tidak bisa diremehkan ( sangat kuat ) untuk golongan serangga .

Ketika kawasan pertanian sudah di serang oleh hama ulat , cara yang bisa dilakukan guna membasmi hama tersebut yaitu antara lain :

》 mencari telur ulat lalu membakarnya .
》 pemberian insektisida yang dianjurkan oleh dinas pertanian atau pihak bertanggung jawab lain .
》 membasmi ulat secara manual yaitu dengan cara mencari dan membunuhnya .
》 mencabut tanaman padi yang sudah terserang oleh hama ulat .

8. Hama lalat bibit

Dari namanya psti kalian sudah mengetahui bahwa hama satu ini sudah berani menyerang suatu area pertanian padi bahkan sejak masih menjadi larva .

Aksi penyerangan oleh hama lalat bibit ini dilakukan pada saat matahari mulai tenggelam yaitu dengan cara meletakkan telur telurnya pada pelepah daun padi . Telur lalat ini mempunyai warna putih dan berbentuk bulat memanjang , biasanya para calon hama ini akan menetas setelah 2 hari setelah di letakkan .

Untuk mencari hama lalat bibit ini juga terbilang cukup sulit karena memiliki warna tembus cahaya sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang , gejala yang dapat dilihat ketika suatu tanaman padi telah terserang oleh hama lalat bibit ini yaitu adanya bercak kuning pada daun .

Ketika tanaman padi sudah mulai terserang oleh hama lalat bibit , langkah pembasmian yng dapat dilakukan ialah sebagai berikut :
》 melakukan pengeringan lahan .
》 selalu senantiasa menjaga kebersihan lahan pertanian ( sanitasi )
》 mencari dan membunuhnya secara langsung .
》 tanam serempak .

9. Orong orong

Pembaca setia disini pasti sudah tahukan apa itu orong orong ? Hewan ini mungkin terkenal krena ada salah satu grup musik yang membuat lagu berjudul angge angge orong orong dan musiknya pun sangat enak didengar bagi para pecinta dangdut .

Hama orong orong ini hidup di dalam tanah area persawahan sehingga cukup sulit untuk menemukannya , selain itu hewan ini jug termasuk kedalam hewan nokturnal yaitu hanya aktif di malam hari dan biasanya mereka akan lebih memilih untuk bersembunyi pada siang harinya dari pada harus kelayapan kesana kemari tanpa tujuan .

Hewan ini dianggap hama oleh para petani karena mereka memakan hampir segala sesuatu ( omnivora ) mulai dari telur , larva , cacing , rumput , bahkan akar tanaman padi juga mereka mau memakannya .

Fakta menjengkelkan lain mengenai orong orong ini yaitu mereka menyerang padi pada semua fase tahap pertumbuhan , mulai dari masa tanam sampai masa panen mereka selalu senantiasa ada menunggu sesuatu untuk dimakan .

Gejala akibat serangan hama orong orong ini sangat mirip dengan gejala yang diakibatkan oleh hama penggerek batang sehingga para petani biasanya akan kebingungan dan bahkan sampai salah mengartikan serangn hama orong orong sebagai serangan hama penggerek batang ( sundep ) .

Jika kalian ingin mencari hewan ini kalian bisa menemukannya hampir di semua area yaitu mulai dari perkebunan , pertanian , lapangan rumput , pekarangan bahkan di sekitar perumahan pun terkadang saya menemukannya bersarang di bawah tumpukan kayu .

Adapun langkah pembasmian ketika suatu area pertanian padi sudah dihantui oleh hama orong orong yaitu :
》 pemberian insektisida .
》 pemberian pestisida nabati .
》 memburunya secara langsung .
》 membuat lahan pertanian rata dengan air sehingga tidak ada tempat bagi orong orong untuk membuat rumah .

25 blog terbaik di indonesia

10. Ganjur

Ganjur memang bukanlah termasuk salah satu hama utama yang dapat menyerang padi kapanpun , namun keberadaannya tetap harus diwaspadai demi kelancara pertanian padi anda nantinya .

Serangan hama ganjur ini terjadi berkisar antara masa tanam sampai masa primordia padi , apa itu fase primordia padi ? Saya akan jelaskan sedikit mengenai fase primordia pada padi .

Primordia termasuk kedalam salah satu masa produktif pada padi yaitu masa dimana tanaman mulai mengeluarkan bibi biji padi yang akan kita mkan nantinya , perkembangan tanaman pada masa ini diawali dengan inisiasi bunga , booting stage , heading stage sampai tahap pembunggan yaitu flowering stage  .

Ganjur biasanya akan menyerang padi pada bagian tunas , Adapun gejala akibat serangan hama ganjur ini yaitu :
》 daun tumbuh menggulung .
》 tunas padi tumbuh seperti daun bawang .

Ketika suatu area pertanian sudah mulai ada tanda tanda terserang hama ganjur maka langkah yang dapat anda lakukan guna membasminya ialah sebagai berikut :
》 melakukan penyiangan .
》 ganjur dewasa cenderung tertarik pada cahaya oleh karena itu pasanglah perangkap berupa alat pemancae cahaya agar dapat menangkap ganjur , mungkin dengan menggunakan lampu atau lampion .
》 pemberian insektisida .

11. Hama putih palsu

Walaupun terdapat kata palsu dalam namanya , akan tetapi kerusakan akibat hama ini tidak main main , hama ini seringkali menyerang daun tanaman padi sehingga menjadi tipis dan ada bercak putih .

Awal dari serangan hama putih palsu ini biasanya ditandai dengan kedatangan sekumpulan ngengat ke area pertanian , Dan biasanya hama ini akan menyerang padi ketika padi memasuki masa vegetatif . Apa iti masa vegetatif ? Simak dibawah .

Masa vegetatif pada padi ialah masa awal dimana padi mulai tumbuh sampai terjadinya pembentukan malai yang berkisar antara 0 sampai 60 hari. Fase vegetatif ini juga terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perkecambahan , pertunasan , dan tahap pembentukam anakan ( biji ) .

Langkah pembasmian yang dapat anda lakukan ketika tanaman padi sudah mulai terdapat gejala terserang hama putih palsu yaitu antara lain :
》 membiarkannya , lho kok dibiarkan ? Iya karena serangan hama putih ini jika dibiarkan nanti juga akan berhenti dengan sendirinya .
》 pemberian insektisida .
》 lakukan pengeringan lahan guna mengurangi kelembaban udara disekitar area persawahan .

12. Kepinding tanah

Pernah mendengar nama hewan kepinding tanah ? Saya sangat yakin bahwa nama kepinding tanah sangat jarang sekali kalian dengar atau bahkan kalian sama sekali belum pernah mendengarnya ? .

Aktivitas kepinding tanah ketika siang hari adalah biasanya mereka akan bergerombol pada salah satu batang padi , sedangkan ketika malam harinya mereka akan lebih memilih untuk menghisap cairan padi .

Kepinding tanah akan melakukan aksi kejinya dengan cara menghisap cairan tanaman padi yang menyebabkan berubahnya warna padi menjadi coklat kemerahan .

Pada beberapa kasus bahkan sampai mengakibatkan tanaman padi tersebut mati akibat cairan intinya dihisap oleh kepinding tanah .

Disini saya akan menyajikan beberapa cara agar kepinding tanah dapat dibasmi dari area pertanian yaitu dengan cara :
》 menanam varietas padi berumur genjah guna menghambat terjadinya peningkatan populasi hama kepinding .
》 melakukan pembersihan kawasan pertanian dari gulma dan rerumputan lain .
》 mrnggenangi lahan setinggi 15 cm selam kira kira 1 malam .
》 mencari dan memberantasnya secara manual .

Setelah mengetahui apa saja jenis hama dan bagaimana cara membasminya , mari kita beralih ke topik pembahasan ke 2 yaitu mengenai

Penyakit pada padi

Walaupun judul artikelnya hama padi saja akan tetapi disini saya juga akan mengulas mengenai jenis penyakit yang dapat menyerang padi .

Menariknya disini ialah bahkan tanaman seperti padi pun dapat juga terserang oleh penyakit , namun walaupun begitu bukan dokter yang akan menyembuhkan sipadi kesayangan anda akan tetapi dengan perawatan khusus dan pemberian insektisida maupun fungisida .
Oke tanpa banyak basa basi langsung saja simak beberapa jenis penyakit pada tanaman padi berikut :

1. Penyakit kerdil

Penyakit pertama pada tanaman ladi yang akan saya bahas dalam artikel berjudul ” hama padi : jenis dan cara membasminya ” ialah penyakit kerdil .

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa penyakit ini menyebabkan pertumbuhan pada tanaman padi menjadi terhambat atau menjadi kerdil ( pendek ) .

Untuk penyakit kerdil sendiri ada 2 jenis yang perlu anda waspadai yaitu penyakit kerdil hampa dan penyakit kerdil rumput , dan saya disini akan sedikit mengulas mengenai ke 2 jenis penyakit kerdil ini .

Penyakit kerdil hampa

Penyakit kerdil hampa , penyakit ini biasanya disebabkan oleh hama wereng cokelat , adapun gejala akibat penyakit kerdil hampa ialah daun menjadi agak pendek dengan warna hijau tua , terdapat bengkak disepanjang tulang daun , pertumbuhan daun memutar dan sering mengalami robek .

Adapun penanganan ketika suatu lahan peryanian padi telah terjangkiti penyakit kerdil hampa ialah sebagai berikut :
》 penanaman varietas tahan penyakit ( bibit unggul ) .
》 pemberian pestisida .
》 membasmi hama wereng xoklat guna mengurangi kemungkinan padi terjangkit penyakit kerdil .

Penyakit kerdil rumput

Walaupun memiliki nama rumput didalamnya akan tetapi penyakit ini sejatinya memanglah menyerang tanaman padi , biasanya pada tanaman padi yang terserang oleh penyakit kerdil rumput akan menunjukkan gejala seperti pertumbuhanny terhambat , daun menjadi pendek dan sempit , pada daun terdapat bercak coklat .

Untuk cara menangani penyakit kerdil rumput ini bisa dilakukan dengan cara :
》 mencabut tanaman yang terinfeksi .
》 pemberian pestisida .
》 pemberian pupuk NKP dan pupuk organik .

2. Penyakit tungro

Tungro merupakan salqh satu jenis penyakit pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus bernama rice tungro bacilliform virus ( RTBV ) dan rice tungro spherical virus ( RTSV ) , kedua jenis virus ini pada umumnya ditularkan oleh hama wereng pada padi yang telah saya bahas diatas .

Pada umumnya pada tanaman padi yang telah terjangkiti penyakit tungro ini akan mengalami penghambatan pertumbuhan ( kerdil ) dan memiliki daun berwarna kuning walaupun daun tersebut masih muda .

Ketik tanaman padi sudah terserang oleh penyakit tungro , ada beberapa cara supaya dapat membasmi penyakit tungro dari lahan pertanian and yaitu antara lain :
》 melakukan tanam serempak , dengan melakukan tanam serempak maka dapat memperkecil kemungkinan suatu lahan pertanian untuk terjangkiti penyakit tungro .
》 menanam varietas unggul ( tahan penyakit ) .
》 penggunaan insektisida , mengapa insektisida ? Bukankah ini virus ? Iya memang benar tungro merupakan suatu jenis penyakit pada tanaman padi akan tetapi awal dari penyakit ini disebabkan oleh suatu serangga yaitu wereng .

3. Penyakit blas

Selanjutnya ialah penyakit blas, mungkin masih terdengar samar samar ditelinga para pembaca sekalian akan tetapi pada kemungkinan terburuk penyakit ini dapat menyebabkan tanaman padi mati karenanya .

Penyakit blas disebabkan oleh jamur pricularia grisea , hal menjengkelkan dari penyakit blas yaitu kenyataan bahwa ia dapat menyerang suatu lahan pertanian padi pada semua fase pertumbuhan .

Penyakit blas tidak hanya menyerang padi saja , akan tetapi juga dapat menyerang jenis tanaman lain seperti gandum dan beberapa jenis rumput lain . Selain berasal dari jamur , penyakit blas juga dapat datang dari penggunaan pupuk nitrogen yang berlebihan , oleh karena itu sebaiknya gunakan takaran cukup apabila ingin menggunakan bahan kimia pada lahan pertanian padi .

Adapun cara pengendalian yng dapat dilakukan guna membasmi / hanya sekedar membatasi ruang lingkup penyakit blas ialah sebagai berikut :
》 penanaman varietas padi unggul ( tahan penyakit ) .
》 karena penyakit ini disebabkan oleh jamur , sebaiknya lakukanlah pemberian fungisida .
》 melakukan sanitasi lingkungan pertanian .
》 pemakaian jerami sebagai pupuk kompos .

4. Penyakit kresek 

Penyakit kresek atau biasa disebut dengan hawar daun bakteri ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. Oryzae .

Kemungkinan terburuk dari serangan penyakit kresek ialah menyebabkan suatu lahan pertanian padi mengalami puso . Apa itu puso ? Kenapa puso sangat ditakuti petani ? Disini saya akan membahas sedikit mengenai pengertian puso yang selalu meresahkan petani tersebut .

Puso ialah kondisi dimana suatu lahan pertanian tidak bisa menghasilkan atau bisa disebut dwngan gagal panen total yang disebabkan oleh suatu organisme / hama / penyakit tertentu .

Bagaimana ? Sudah faham mengapa kedatangan puso sangat ditakuti oleh para petani ? .

Awal dari serangan penyakit kresek ini biasanya ditandai dengan pucuk daun menguning sebelum masanya lalu menjalar melalui pinggir hingga ke pangkal daun . Penyakit ini akan menyebar melalui air , udara maupun apabila terjadi infeksi pada stomata tanaman , oleh karena itu pada musim penghujan penyebaran penyakit kresek akan membabi buta .

Untuk cara pembasmian penyakit kresek sendiri sebenarnya belum ditemukan cara ampuh dan dianjurkan , akan tetapi anda tetap dapat mencoba membasmi penyakit i i dengan cara melakukan pengeringan berkala pada lahan pertanian dan dengn menggunakan bibit unggul .

5. Penyakit fusarium

Untuk penyakit fusarium sendiri saya juga belum pernah mendengarnya dan saya hanya mendapatkan sedikit data tentang penyakit ini , jadi harap maklum gan .

Pada umumnya penyakit fusarium ini ditandai dengan gejala yaitu terjadinya penghambatan pertumbuhan pada tanaman sehingga mengakibatkan tanaman padi menjadi kerdil , dan pada padi yang sudah tua akan mengalami pertumbuhan batng yang tidak normal .

Penyakit ini disebabkan oleh salah satu jenis jamur oleh karena itu dalam pembasmiannya alangkah baiknya jika anda menggunakan fungisida maupun dengan menanam bibit unggul sejak dari awal masa tanam .

6. Penyakit Bercak daun cokelat

Penyakit bercak daun cokelat ini disebabkan oleh salah satu jenis jamur yaitu helmontosporium orizae.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa target utama penyerangan penyakit bercak daun cokelat ini ialah pada bagian daun yaitu menyebabkan adanya bercak berwarna kecoklatan pada daun padi .

Namun bukan hanya pada bagian daun saja sasaran dari penyakit ini melainkan juga pada bagian pelepah , malai , bahkan pada bibit padi yang baru berkecambah pun dapat terserang penyakit bercak ini .

Apabila serangan penyakit ini terjadi pada padi dewasa , maka dapat menyebabkan mengeringnya biji padi ( calon beras )yang telah tumbuh dan menjadi busuk yang tentu saja dapat menurunkan hasil serta kualitas panen .

Adapun cara penanganan guna membasmi penyakit ini ialh sebagai berikut :
》 karena pada dasarnya penyakit ini disebabkan oleh jamur maka penanganan yng pling tepat ialah dengan menggunakan fungisida .
》 menanam varietas padi kualitas unggul tahan terhadap penyakit .
》 selau melakukan pwmbersihan laha secara berkala .

7. Penyakit busuk pelepah

Lagi lagi jamurlah penyebab utama dari penyakit pada padi , namun hl itu wajar wajar saja karena lokasi pertanian sendiri termasuk kedalam salah satu wilayah kotor karena terdapat banyak lumpur yang menggenanginya .

Jamur penyebab penyakit busuk ini tidak lain ialah jamur Rhizoctonia solani kuhn , sebenarnya ada banyak sekali tanaman yang dapat menjadi inng dari jamur ini namun pada umumnya Rsolani ini biasanya tumbuh didalam tanah .

Karena jamur ini dapat tumbuh dimanapun maka langkah pembasmian paling tepat ialah dengan melakukan sanitasi lingkungan , namun anda juga dapat melakukan pembasmian dengan cara pemberian fungisida maupun pupuk nitrogen dan tentu saja dengan takaran yang dianjurkan .

Untuk bibit tahan penyakit busuk pelepah sendiri saat ini masih belum ditemukan jadi akan sulit mengantisi hadirnya penyakit ini .

Mungkin hanya itu daftar hama dan penyakit pada tanaman padi yang dapat kreativitas.org rangkum untuk saat ini . Apabila di lain waktu saya menemukan jenis hama dan penyakut lain maka dengan segera artikel ini akan diupdate . Terimakasih

Sebagai bonusnya saya juga akan menyediakan beberapa kiat agar pada suatu area pertanian dapat terhindar dari serangan hama dan penyakit manapun , yang tentu saja akan meningkatkan daya produksi dan keuntungan bersih yang didapat para petani akan kian melambung tinggi .

Berikut ialah beberapa kiat agar terhindar dari serangan hama dan penyakit pada padi :

1. Selalu menjaga kebersihan lahan pertanian ( sanitasi ) .

Kawan semua disini pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar istilah sanitasi ? Iya sanitasi merupakan suatu usaha untuk membina dan menciptakan keadaan baik terutama dibidang kesehatan lingkungan .

Maksud dari lingkungan disini ialah lahan pertanian , jika saja anda selalu menjaga kebersihan tentu saja hama dan penyakit tidak akan mau mendekati lahan pertanian anda .

Sebenarny dalam pelaksanaan sanitasi tidaklah sesulit apa yang dibayangkan , cukup dengan memberantas rumput ataupun gulma yang bertebaran disekitar lahan .

Usahakan juga untuk selalu membersihkan alat alat pertanian seperti cangkul dan sebagainya karena penyebaran hama dan penyakit juga dapat melalui alat alat tersebuta pabila tidak pernah dibersihkan , selain itu juga dapat mengurangi resiko anda untuk terserang penyakit dengan memiliki alat bersih .

2. Tidak berlebihan dalam menggukan bahan kimia

Penggunaan bahan kimia secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi kelangsungan pertanian padi , bayangkan saja apabila anda meminum obat tidur 10 biji sekaligus padahal dosis yang dianjurkan ialah 1 ataupun maksimum 2 biji untuk sekali minum .

Apa yang akan terjadi ? Bukannya sembuh dari penyakit insomnia malahan anda akan tertidur untuk selamanya , wafat .

Kemungkinan terburuk dari penggunaan bahan kimia secara berlebihan ialah dapat menjadikan hama kebal terhadapnya , ketika suatu hama ataupun penyakit telah kebal terhadap pestisida , fungisida maupun insektisida maka dapat menjadikannya lebih leluasa untuk meLakukan aksi kejinya terhadap padi kita .

Sebaiknya apabila anda ingin menggunakan bahan kimia pada suatu area pertanian gunakanlah bahan kimia yang dianjurkan oleh pihak berwenang dan gunakanlah sesuai dengan dosis yang sudah tertulis dalam kemasan maupun buku petunjuk penggunaan lain .

Selain itu padi yang telihat subur dan cantik akan lebih disukai oleh hama penyerang dan mereka akan lebih sigap dalam melakukan aksinya .

3. Penggunaan musuh alami bagi hama

Tahukan apa itu musuh alami ? Musuh alami akan senantiasa dengan senang hati mengejar dan memangsa buruannya apabila sudah terlihat .

Adapun contoh dari musuh alami ini yaitu antara hama tikus dengan burung hantu ataupun burung elang , namun jangan sampai salah memilih burung karena beberapa jenis burung termasuk kedalam pemakan biji bijian termasuk padi .

Walaupun termasuk kedalam salah satu musuh alami tikus namun jngan sekali kali anda menaruh kucing kesayangan di sawah , karena kucing sendiri merupakan salah satu tipe hewan yang tidak suka dengan air sedangkan ada sangat banyak sekali air disawah untuk mempermudah petani .

4. Menggunakan bibit unggul

Tentu saja jika menginginkan hasil panen melimpah langkah awal yang dapat anda lakukan ialah dengan menanam bibit unggul sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit pada padi nantinya .

Bahkan ada beberapa kasus bahwa para petani lebih memilih menggunakan benih hasil dari panen sebelumnya , mungkin hal ini akan berakibat baik apabila hasil panen sebelumnya telah terbukti berkualitas namun apabila pada hasil panen sebelumnya terdapat beberapa pemyakit berbahaya alangkah baiknya jika anda lebih memiloh untuk membeli produk bibit unggul demi kelancaran pertanian padi nantinya .

Ada baaaaanyak sekali jenis bibit padi unggul yang dijual dipasaran namun sebaiknya pilihlah bibit yang benar benar berkualitas .

Berikut merupakan beberapa jenis bibit padi yang dapat dirangkum kreativitas.org :

》 bibit padi hibrida , biit padi hibrida merupakan bibit padi yang dirancang untuk sekali tanam , itu artinya pada masa tanam ke 2 hasilnya akan jauh merosot ketimbahng masa tanam pertama .

》 bibit padi lokal , dari namanha saja sudah bisa ditebak bahwa bibit ini hanya berasal dari auatu daerah tertentu . Kelemahan dari bibit padi lokal ini ialah biasanya ia hanya akan tahan terhadap penyakit di 1 daerah saja akan tetapi apabila ditanam di lain tempat bibit ini akan menjadi bibit padi biasa .

》 Bibit padi unggul , inilah yang selalu diharapkan oleh para petani untuk mendapatkan bibit padi dengan kualitas jempol ( unggul ) . Dengan menanam bibit padi unggul maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil panen melimpah akan juh lebib besar sibandingkan dengan bibit biasa .

5. Tanam serempak

Sudah tahukan apa itu tanam serempak ? Tanam serempak ialah suatu usaha penanaman oleh banyak pihak dalam waktu bersamaan .

Apa sih manfaat dari tanam serempak dan mengapa harus dilakukan ?

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat tanam serempak jika kalian mau melakukannya , adapun manfaat tersebut antara lain :

memutus rantai hama dan penyakit
pada umumnya cara penularan hama dan lenyakit pada tanaman padi ialah dengan cara memanfaatkan inang pada lahan tetangga , namun apabila padi ditanam dan dipanen secara serempak maka tidak akan ada lahan bagi padi untuk dimakan karena biasanya setelah panen lahan akan dibiarkan beberapa saat sebelum siap ditanami tanaman lainnya .

memudahkan irigasi
Irigasi ialah suatu sistem pembagian perairan yang pada umumnya dilakukan di area persawahan , nah dengan melakukan tanam serempat juga dapat mempermudah pengirigaaian nntinya karena keadaan tiap sawah akan relati sama dan perlakuannya juga dapat disamakan .

memperkecil biaya sewa alat bantu pertanian .
Sama halnya seperti dalam mempermudah irigasi , ketika tiba saatnya lahan untuk dibajak maka mau tidak mau anda juga harus ikut membajak sawah anda dan jika ada banyak permintaan dalam sekali waktu dan di tempat yang berdekatan pula maka pemilik alat akan dengan senang hati memberi diskon bagi para pelanggan .

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat tanam serempak namun dikarenakan saya masih pemula maka hanya itu saja yang dapat saya rangkum .
Terimakasih telah berkunjung Saya harap anda menikmati artikel diatas Jika ada pertanyaan ataupun keluhan yang ingin disampaikan bisa di tulis melalui kolom komentar .

Untuk kolom komentarnya berada di atas popular post ada kotak kosong , nah klick saja disana maka kolom komentarnya akan muncul .

Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here