Artikel pemanasan global – Pernahkah anda berpikir mengapa semakin hari suhu udara semakin tinggi dan juga mengapa cuaca semakin tidak stabil ? kedua masalah tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah disebabkan oleh terjadinya pemanasan global yang kian hari semakin memburuk .

Selain kedua masalah diatas sebenarnya masih baaanyak sekali hal hal buruk yang akan terjadi akibat semakin berkembangnya pemanasan global contohnya ialah mencarnya es yang berada di kutub , tentunya anda tahu sendirikan betapa banyaknya es disana , lalu apakah yang akan terjadi ketika semua es tersebut mencair ? banjir , bukan hanya banjir saja melainkan dapat menenggelamkan sebagian besar isi bumi .

Artikel Pemanasan Global singkat

Artikel pemanasn global
Artikel pemanasn global

Pada artikel kali ini saya akan menyajikan pengertian , penyebab , dampak , cara mengatasi dan apa yang akan terjadi jika pemanasan global ini terus berlanjut . Oke langsung saja simak dibawah ,

Artikel pemanasan global yang pertama :

1. Definisi Pemanasan Global

Pertama yang akan saya bahas dalam artikel pemanasan global disini ialah mengenai definisi dari pemanasan global itu sendiri , secara umum pemanasan global dapat di definisikan sebagai peningkatan suhu rata-rata di atmosfer dan permukaan bumi . Artinya suhu di bumi semakin lama akan semakin panas dan dapat menyebabkan berbagai ancaman yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya .

Sedangkan menurut Badan Perlindungan Amerika Serikat pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi baik yang telah berlalu maupun yang tengah terjadi saat ini .

Adapun menurut National Wildlife Federation pemanasan global adalah fenomena bumi yang semakin hari semakin panas, hujan semakin lebat yang berakibat banjir, badai yang lebih banyak dan kekeringan berkepanjangan.

Artikel pemanasan global bagian dua

2. Penyebab Terjadinya Pemanasan Global

proses pemanasan global
proses pemanasan global

Seperti kata pepatah ,

Tidak akan ada api kalau tidak ada asap

Begitu pula dengan pemanasan global , ada banyak sekali penyebab dari pemanasan global yang tengah terjadi saat ini dan mirisnya ialah faktor utama penyebab terjadinya pemanasan global ialah karena ulah tangan kotor para manusia itu sendiri .

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya pemanasan global versi kreativitas.org :

A. Meningkatnya kadar Karbondioksida “Co2”

Penyebab terjadinya pemanasan global yang pertama adalah meningkatnya kadar karbondioksida atau utuk kode ilmiahnya ialah Co2 . Sebagian besar karbondioksida yang memenuhi bumi sekarang ini berasal dari berbagai macam kendaraan bermotor dan mesin industri , contohnya ialah asap mobil,motor mesin pembangkit listrik, dan lain-lain.

Berbicara mengenai kendaraan , di Indonesia sendiri jumlah pemilik kendaraan dari tahun ke tahun terus bertambah bahkan ada dalam 1 rumah memiliki lebih dari 3 kendaraan yang tentu berperan dalam memperburuk pemanasan global. Fakta mencengangkan dari peningkatan volume kendaraan ini ialah tidak diimbangi dengan program usaha pengurangan polusi dari pemerintah setempat itusendiri.

Gas Co2 sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan jika jumlahnya sedikit namun jika gas Co2 ini tersedia dalam jumlah banyak maka akan menjadi semacam lapisan di atmosfer dan sangat berbahaya .

B. Polusi CFC

CFC adalah gas kimia yang mengandung senyawa karbon, florin dan klorin yang saling terikat satu sama lain. Mungkinjika dalam jumlah sedikit gas ini tidak terlalu berbahaya namun beda lagi ceritanya kalau gas CFC ini dalam jumlah besar maka dapat merusak lapisan ozon dimana lapisan tersebut sangat berperan melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet .

Mengapa CFC dapat merusak lapisan ozon ? Bagaimana prosesnya ? CFC dapat merusak lapisan ozon karena banyaknya zat freon yang dilepaskan ke udara sehingga bereaksi dengan ozon .

Adapun Gas cfc ini banyak keluar dari alat-alat elektronik pendingin seperti kulkas dan AC, namun setelah diketahui bahwa CFC membahayakan lingkungan maka pemerintah melarang penggunaan gas cfc tersebut .

Baca Juga :   51 Foto Gambar Dampak Pemanasan Global

C. Efek Rumah Kaca

Rumah kaca adalah analogi yang menggambarkan bagaimana terciptanya kaca yang menyelimuti bumi. Cahaya matahari dapat menembus lapisan kaca tersebut sampai ke bumi. Panas matahari sebagian kecil diserap oleh bumi dan sebagian besar dipantulkan.

Panas matahari yang diserap dan terperangkap di bumi mengakibatkan suhu rata-rata di bumi semakin hari semakin naik . Fenomena inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global yaitu disebut efek rumah kaca.

Baca juga : Penyebaab terjadinya pemanan global

D. Efek Umpan Balik

Efek umpan balik bisa dikatakan sebagai efek kelanjutan dari pemanasan global yang mana ketika Suhu bumi semakin meningkat maka akan membuat penguapan air semakin banyak , Sehingga akan ada semakin banyak air di atmosfer bumi.

Padahal air sendiri merupakan bahan utama pembentuk gas rumah kaca yang dapat menahan keluarnya panas dari bumi . Oleh sebab itu pemanasan di bumi akan terus berkelanjutan.

E. Berkurangnya jumlah Pohon

Banyak yang berpendapat bahwa hutan merupakan paru paru bagi bumi dimana ketika sebuah makhluk hidup pastinya memiliki paru paru / insang agar dapat bernafas , namun apa yang akan terjadi ketika paru paru bumi tersebut menghilang ? Tentu bumi akan musnah dan mati karena tidak dapat bernafas dengan semestinya .

Kayu merupakan salah satu bahan yang sangat diperlukan bagi umat manusia saat ini mulai dari tissue , kertas bahkan sampai bangunan pun kebanyakan menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Eksploitasi kayu hutan ini tidak diimbangi dengan program reboisasi yang memadai dari pemerintah untuk membangun dan menanam kembali hutan yang telah botak.

Fungsi hutan sangat sentral bagi kehidupan dan bumi itu sendiri, salah satunya ialah menguraikan gas CO2 (karbondioksida). Hilangnya lahan perhutanan menjadikan sirkulasi gas karbondioksida terganggu sehingga menyebabkan efek rumah kaca.

Artikel pemanasan global

F. Penggunaan Pupuk Kimia yang berlebihan

Penggunaan bahan kimia untuk membantu para petani dalam menjalankan dan menambah hasil panen memanglah sangat menguntungkan karena selain harga yang cukup murah juga cara menggunakannya sangat mudah .

Namun terkadang mereka tidak berpikir akan dampak buruk dari penggunaan bahan kimia tersebut , adapun pupuk kimia yang paling banyak digunakan para petani ialah jenis nitrogenoksida. Bahan ini tiga ratus kali lebih kuat memperangkap panas dari pada karbondioksida sehingga pengaruhnya sangat kuat bagi berlangsungnya pemanasan global.

Dampak lain dari penggunaan bahan kimia tersebut ialah dapat meracuni sumber air disekitarnya sehingga air tersebut tidak layak untuk diminum .

G. Semakin banyak bangunan Berbahan Kaca

Menggunakan kaca sebagai bahan utama pembangunan seatu bangunan memang terlihat sangat “WAOW” dan lebih modern dibandingkan dengan bangunan yang hanya berbahan kayu , namun tahukah kamu justru hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global.

Bangunan berbahan kaca hanya dapat memantulkan panas bukan menyerapnya sehingga hal tersebut dapat menyebabkan suhu bumi semakin panas , oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum membuat rumah dengan dinding kaca , toh rumah berbahan kayu akan terlihat lebih elegant dan classic jika didesain dengan benar.

Artikel pemanasan global bagian ketiga :

3. Dampak Pemanasan Global

dampak pemanasan global
dampak pemanasan global

Nah , sekarang pembahasan mengenai artikel pemanasan global kita telah sampai pada dampak yang akan ditimbulkan jika pemanasan global ini terus berlanjut .

Adapun dampak pemanasan global sebenarnya ialah hanya satu yaitu “meningkatnya suhu bumi” adapun dampak lain yang disebutkan baik disini maupun dimanapun itu merupakan penjabaran atau penggambaran lain dari peningkatan suhu bumi .

Berikut ialah beberapa dampak pemanasan global yang dapat kreativitas.org rangkum :

Baca Juga :   10 EFEK PEMANASAN GLOBAL terhadap lingkungan dan kesehatan manusia

A. Pergantian musim menjadi Tidak Stabil

Bahkan sekarang ini dampak pergantian musim tersebut sudah dapat dirasakan yaitu dimana di indonesia sendiri biasanya musim kemarau terjadi antara bulan april hingga september dan musim penghujan terjadi pada kisaran bulan oktober sampai maret .

Namun karena dampak pemanasan global maka pergantian musim tersebut menjadi tidak menentu , misalnya di suatu daerah musim hujan terjadi lebih lama dari biasanya sedangkan di daerah lain musim kemarau menjadi lebih singkat . Hal tersebut memang dapat menimbulkan dampak positif bagi suatu wilayah akan tetapi akan berdampak negatif pada wilayah lain .

B. Meningkatnya Curah Hujan

Dengan meningkatnya Kelembapan udara dan semakin besarnya air yang menguap maka dapat berakibat pada meningkatnya curah hujan, faktanya ialah dalam kurun waktu 100 tahun terakhir curah hujan telah naik 1%. Namun meskipun begitu , air tersebut akan menguap lagi dikarenakan panasnya suhu bumi saat ini .

Disamping itu juga jika tingkat curah hujan terus meningkat maka pada daerah tersebut juga brrkemungkinan besar akan mengalami bencana yang diakibatkan oleh air seperti banjir apabila saluran pengairan air disana tidak dijaga.

Bencana ini juga akan semakin besar kemungkinan terjadinya apabila didukung dengan kebiasaan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan kesungai.

C. Mencairnya ES di kutub

Dampaknlain dari pemanasan global ialah dapat mencairkan keseluruhan es yang berada di kutub , baik itu kutub utara maupun kutub selatan . Contoh mudahnya ialah ketika kalian meletakkan bongkahan es batu ditempat panas maka tentu saja es tersebut akan mencair .

Begitu pula dengan kutub , sebagian besar wilayah kutub terbuat dari es, bahkan banyak sekali pulau pulau es disana yang dimana jika pemanasan global ini terus berlangsung maka dapat mencair .

Jika es sebanyak itu mencair maka tentu saja bukan hanya banjir saja yang akan terjadi namun juga dapat berakibat pada tenggelamnya sebuah pulau .

D. Naiknya permukaan air laut

Dengan mencairnya es yang berada di kutub , maka dampak lain yang akan ditimbulkan ialah meningkatnya permukaan air laut . Peningkatan ini akan dibarengi dengan adanya beberapa daratan yang menghilang dan bencana banjir dimana mana .

E. Terjadinya Pola Penyimpangan El Nino dan La Nina

El Nino dan La Nina salah satu bentuk penyimpangan iklim akibat pemanasan global yaitu bentuk gejolak dinamika laut dan atmosfer yang mempengaruhi cuaca di sekitar laut pasifik.

El Nino adalah penyimpangan iklim di samudra pasifik yang ditandai dengan naiknya suhu permukaan laut di bagian tengah dan timur.

Sedangkan La Nina adalah kebalikannya yaitu menurunnya suhu permukaan air laut di bagian timur ekuator lautan pasifik.

Kedua penyimpangan iklim tersebut tentu mempunyai dampak buruk bagi kehidupan disekitarnya , adapun akibat El Nino adalah matinya aneka macam hayati di laut dan rusaknya terumbu karang. Hal ini karena adanya apwelling. Yaitu arus naik ke permukaan yang membawa banyak nutrien dari dasar.

F. Dampak bagi hewan dan tumbuhan

Artikel pemanasan global
Artikel pemanasan global

Walaupun tokoh utama penyebab terjadinya pemanasan global ialah sang manusia itu sendiri namun para hewan dan tumbuhan juga akan ikut merasakqn dampak pemanasan global tersebut .

Akibat perubahan suhu dan cuaca para hewan akan lebib memilih bermigrasi ke suatu tempat yang lebih layak mereka huni daripada tempat tinggal mereka saat ini , Tumbuhan pun juga akan memilih bertumbuh di tempat yang lebih sesuai.

G. Banyak jenis penyakit baru

Dengan meningkatnya suhu bumi maka tentu saja pertumbuhan bakteri dan virus akan lebih cepat dari biasanya dan jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan ada banyak jenis penyakit dan virus baru .

Baca Juga :   Artikel banjir di indonesia beserta gambarnya singkat

Adapun beberapa jenis penyakit tersebut ialah seperti malaria dan demam berdarah yang diakibatkan oleh semakin meningkatnya pertumbuhan dan perkembangbiakan para nyamuk.

Artikel pemanasan global bagian ke empat :

4. Cara Mengatasi Pemanasan Global

dampak global warming
cara mengatasi global warming

Selanjutnya ialah saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara agar pemanasan global ini tidak semakin memburuk, sebenarnya Cara termudah  dalam mengatasi global warming / pemanasan global ialah dengan tidak melakukan apa yang menjadi penyebab pemanasan global itu sendiri . Apa saja ? Simak dibawah;

A. Menghilangkan Karbondioksida Co2

Untuk menghilangkan karbondioksida ini mungkin terlihat sangat mustahil karena selain jumlahnya sendiri tiap hari semakin bertambah juga diperlukan kepedulian semua pihak dari mulai warga sipil sampai pemerintah. Yaitu dengan turut serta merawat pepohonan baik di hutan maupun di lingkungan rumah.

B. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil

Jumlah bahan bakar fosil saat ini cenderung semakin sedikit karena terus menerus digunakan sedangkan untuk membuatnya diperlukan waktu beratus ratus tahun agar dapat dimanfaatkan secara keseluruhan.

Penggunaan bahan bakar fosil dapat diminimalisir dengan mencari sumber energi lain yang lebih ramah lingkungan, anda juga tidak perlu khawatir karena suatu saat nanti anda pasti menjadi fosil dan dapat membantu mengurangi pemanasan global .

C. Mengurangi gas rumah kaca

Untuk mengurangi jumlah gas rumah kaca , negara berkembang Bahkan melakukan perjanjian internasional di Jepang yang dikenal dengan perjanjian kyoto.

Salah satu isi perjanjian tersebut adalah mendorong negara-negara penghasil gas rumah kaca untuk memotong emisi mereka ke tingkat 5% di bawah emisi tahun 1990.

D. Menambah lahan hijau

Menambah lahan hijau baik berupa hutan maupun desain bangunan yang dapat ditumbuhi tanaman hijau akan sangat membantu mengurangi pemanasan global . Hal ini juga dapat kalian lakukan dengan cara ikut membantu dalam program seperti menanam kembali wilayah hutan yang telah gundul.

E. Menghemat Listrik

Listrik merupakan salah satu energi dengan pengguna terbanyak di dunia karena liatrik memiliki banyak kegunaan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan contohnya ialah Tv, lampu,charger dan masih banyak lagi .

Cara menghemat listrik bisa dilakukan dengan mematikan lampu pada saat siang hari , mematikan saklar ketika sudah tidak digunakan ,tidak menonton tv saat tidur dan lain lain .

F. Mengurangi Penggunaan Kertas

Tahukah kamu bahwa bahan utama pembuatan kertas ialah berasal dari kulit pohon ? Sedangkan pohon sendiri merupakan salah satu penentu sukses tidaknya usaha mengurangi pemanasan global .

Semakin banyak kalian menghambur hamburkan kertas maka secara tidak langsung kalian juga ikut memperparah keadaan pemanasan global ini walau hanya sedikit saja, jika hanya untuk berlatih sebaiknya gunakanlah alat elektronik seperti HandPhone maupun komputer sebagai penhganti kertas.

Artikel pemanasan global yang terakhir

5. Apa Yang akan terjadi Jika Pemanasan Global Terus Berlanjut Dan tidak segera dihentikan

dampak global warming
dampak global warming
  1. Hutan amazon berubah menjadi gurun.
  2. Gurun sahara akan tumbuh banyak pepohonan.
  3. Angin topan yang dahsyat.
  4. Banyak hewan punah.
  5. Kota London akan tenggelam pada tahun 2100an.
  6. Indonesia akan kehilangan banyak pulaunya karena tenggelam.
  7. Munculnya banyak terorisme karena politik ekonomi yang semakin tidak stabil.
  8. Pegunungan Alphen mencair.
  9. Tenggelamnya kepulauan malvida.
  10. Es dikutub mencair secara keseluruhan.
  11. Bencana alam dimana mana.
  12. Banjirdimana mana.
  13. Banyak pulau yang akan tenggelam .

Dan masih banyak lagi hal buruk yang akan terjadi jika pemanasan global ini tidak segera dihentikan .

Terimakasih telah berkunjung,

Saya harap anda menikmati artikel pemanasan global diatas, dan jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan bisa ditulis dikolom komentar .

Artikel pemanasan global

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here